Minggu, 29 Mei 2011

MENEMUKAN STAFF - MENGAPA PENTING MEMILIH ORANG DENGAN SIKAP YANG TEPAT

Kategori : Sumber Daya Manusia


Jika Anda memiliki usaha atau mengelola sebuah usaha, Anda tahu dengan baik bahwa staf yang terlatih dan berdedikasi merupakan salah satu kunci keberhasilan.
Namun, memilih karyawan yang tepat bukanlah hal yang mudah. Tapi, bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki orang yang tepat? Bagaimana Anda tahu bahwa orang yang Anda pilih tidak akan mengecewakan?
Apakah Anda benar-benar tahu kualitas yang dibutuhkan dari seorang karyawan untuk mengisi lowongan yang kosong? Darimana memulainya?
Saya pikir penting untuk memberikan definisi yang jelas atas peran seseorang. Apakah mereka diharapkan mencapai target penjualan, menyimpan catatan bisnis dengan akurat, menjalankan lini produksi, melayani konsumen , tentu saja kemungkinan-kemungkinan ini tidak ada habisnya. Tapi ini penting bagi Anda untuk memiliki definisi pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing karyawan yang akurat dan terdokumentasi (deskripsi pekerjaan atau deskripsi posisi). Ketika Anda memilikinya, maka Anda siap untuk mengiklankannya di media.


1. Pengiklanan yang akurat
Ketika Anda memasang iklan, berikan informasi yang spesifik atas apa yang Anda harapkan. Meringkas dengan jelas pekerjaan dan tanggung-jawab posisi. Ini akan membantu Anda mendapatkan pelamar yang paling sesuai. Pastikan Anda mencantumkan tanggal penutupan lamaran, dan minta pelamar mencantumkan CV dengan detil. Juga cantumkan nomor telepon sehingga pelamar potensial bisa menghubungi Anda jika Anda hal yang ingin ditanyakan. Percakapan telepon juga memberikan Anda petunjuk yang berharga mengenai kecocokan seseorang.
Proses pemilihan
Setelah Anda menerima aplikasi, bandingkan masing-masing ketrampilan dan kualifikasi pelamar dengan persyaratan yang dibutuhkan dalam posisi.
Secara umum, mereka yang tidak memenuhi persyaratan akan disisihkan dalam tahap ini.
Sedangkan yang memenuhi, akan dipilih lagi, dan tinggal menyusun waktu untuk mewawancarai mereka. Wawancara adalah bagian terpenting dalam proses rekrutmen, karena Anda akan tahu lebih banyak orang yang bersangkutan, bagaimana mereka mengatasi tekanan saat wawancara, dan menguji mereka mengapa Anda harus memilih mereka untuk mengisi posisi.


2. Seleksi Wawancara
Ini akhir dari proses bisnis. Sebelum wawancara, siapkan serangkaian pertanyaan untuk pelamar. Dari pengalaman saya, pertanyaan ini terkait dengan ketrampilan dan perilaku. Yang saya maksud adanya ketrampilan tertentu yang harus dimiliki untuk melakukan pekerjaan. Misalnya, bisakah mereka membuat rekonsiliasi debitor dan kreditor setiap bulan; atau, bisakah mereka mengemudikan traktor, bisakah mereka menunjukkan mereka bisa menjual 100 pcs per bulan, dsb.
Namun, ada kualitas sikap dan perilaku yang harus dimiliki seseorang. Apakah mereka pekerja keras, apakah mereka bersedia mengeluarkan tenaga ekstra jika dibutuhkan, seperti apa catatan ijin sakitnya, bagaimana kinerja mereka dibawah tekanan, bagaimana mereka berhubungan dengan orang lain, bagaimana idealisme mereka sesuai dengan bisnis Anda, dsb.
Menurut pengalaman saya, kualitas ini lebih sulit untuk diukur, khususnya sebelum Anda merekrut seseorang, tapi bisa memberikan pengaruh yang lebih positif atau negatif dalam kinerja seseorang (dan kemudian kinerja bisnis Anda). Seringkali, Anda tidak memahami kualitas perilaku seseorang sampai mereka melakukan pekerjaannya, yang kemudian sudah terlambat.
Jika Anda pengusaha kecil, mungkin Anda tidak ada waktu atau sumber finansial yang terbatas untuk menyewa profesional yang melakukan penilaian tersebut (dikenal dengan psychometric testing). Tapi jika Anda memikirkannya dengan baik, Anda bisa mengembangkan beberapa pertanyaan yang memberikan Anda pandangan atas kelebihan dan kekurangan pelamar. Studi kasus juga sangat membantu. Pikirkan situasi tertentu yang mungkin bertentangan dengan karyawan saat kerja, dan tanyakan secara detil bagaimana mereka menanggapinya.
Ringkasan
Jika Anda dihadapkan untuk merekrut orang baru dalam tim Anda, lihatlah sebagai peluang. Memang membutuhkan banyak waktu, tapi jika Anda menggunakan waktu Anda untuk merencanakan strategi perekrutan, Anda bisa memastikan bahwa Anda memilih orang terbaik untuk bisnis Anda.
Dengan ketersediaan sumber di internet, lakukan riset psychometric testing. Ini akan membantu Anda untuk membuat pilihan yang tepat ketika memilih staf Anda.


Oleh: Dave Curran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar